Belitung Titik Nol Kilometer dan Bundaran Tugu Satam_ Edisi Olwen


Belitung Titik Nol Kilometer atau Zero Point
Olwen di Belitung Titik Nol Kilometer atau Zero Point.


 

 

“Jarak itu sebenarnya tak pernah ada.

Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan.”

—Joko Pinurbo—

 

 

 

 

Belitung Titik Nol Kilometer dan Bundaran Tugu Satam berada di area yang sama, yaitu pusat kota Tanjung Pandan. Menjadi sentral persimpangan aktivitas lalu lalang kendaraan ke berbagai tujuan serta dikelilingi oleh berbagai macam pertokoan dan gedunggedung vital.  Sebenarnya, di sinilah awal mula perkenalan Yunis dan Icky dengan Pak Sugeng. Dengan senyum dan tawa kecil nan ramah beliau menawarkan diri untuk menjadi pemandu kami selama di Belitung. Dengan keramahan yang dipunyai beliau, aku yakin tak seorang pun akan menolaknya. Begitulah kedekatan kami dimulai menyertai kisah petualangan selama di Pulau Belitung.

*

 

Belitung Titik Nol Kilometer dan Bundaran Tugu Satam
Dok pribadi - Belitung Titik Nol Kilometer dan Bundaran Tugu Satam.



Belitung Titik Nol Kilometer

Belitung Titik Nol Kilometer kota Tanjung Pandan
Dok pribadi - Suasana di Belitung Titik Nol Kilometer kota Tanjung Pandan.

Dilansir dari Letak Sebenarnya Titik Nol di Belitung, Ini Penjelasan Lengkap Sejarawan - Posbelitung.co (tribunnews.com), bahwa Titik Nol Kilometer Belitung telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung secara resmi sejak tahun 1924 yang diperbaharui pada tahun 2009 melalui kesepakatan dan jajak pendapat sejumlah ahli dan sejarawan Belitung. Dari laman yang sama, diketahui bahwa zaman dulu terdapat sebuah travo listrik di tengah kota yang berdampingan dengan patok penanda titik nol kilometer yang terlihat jelas dari empat sisi persimpangan atau empat arah jalan raya yang ada di pusat kota Tanjung Pandan.

 

Penanda Belitung Titik Nol Kilometer kini jauh lebih jelas terlihat, dengan font tulisan, pemilihan warna, dan desain yang dibuat semenarik mungkin. Menjadi salah satu ikon kota Tanjung Pandan yang patut didokumentasikan.

 


Bundaran Tugu Satam

Bundaran Tugu Satam yang berada di pusat kota Tanjung Pandan
Dok pribadi - Bundaran Tugu Satam yang berada di pusat kota Tanjung Pandan.

Bundaran Tugu Satam merupakan landmark kota Tanjung Pandan. Tugu ini berdiri kokoh dikelilingi tetaman melengkung bundar, sehingga disebutlah Bundaran Tugu Satam. Sebagai warisan geologis kelas dunia, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dengan bangga menjadikannya salah satu ikon Pulau Belitung dengan mendirikan Tugu Satam atau Satam Square yang terletak di jantung kota.

 

Billitonite atau Meteorite atau dikenal dengan nama Batu Satam adalah sejenis batu permata yang sangat langka dan unik di dunia yang berasal dari Pulau Belitung. Diperkirakan berjutajuta tahun lalu sebuah meteor meledak di angkasa karena pergesekannya dengan udara. Pecahan meteor tersebut jatuh bagai hujan partikel yang berkilap menyebar ke bumi, kemudian membeku seperti kaca.

 

Koleksi batu satam yang berada di Museum Pemerintah Kabupaten Belitung
Dok Pribadi - Koleksi batu satam yang berada di Museum Pemerintah Kabupaten Belitung.

Warna hitam dari batu ini berasal dari percampuran dengan zat asam karbon, zat mangan, dan zat lain yang terkandung di dalam bumi Pulau Belitung. Sedangkan tekstur yang menyerupai ukiran pada permukaan batunya terjadi melalui proses alami yang tergesek arus air bawah tanah dengan kedalaman -/+ 50 meter.

 

Pada tahun 1921 seorang dari Belanda bernama Ir. N. Wing Easton, dari Akademi Amsterdam di Belanda menamakan batu ini “Billitonite”—dalam bahasa Belanda—yang berarti batu dari Belitung. Sedangkan nama Satam berasal dari bahasa Cina, “SA” artinya pasir, “TAM” bermakna empedu. Dengan kata lain, SATAM adalah empedu pasir.

 

Batu ini hanya bisa diketemukan secara kebetulan ketika masyarakat menggali timah di Belitung dengan kedalaman 50 meter. Karena unik dan langkanya batu ini di dunia, maka batu ini dibuat menjadi perhiasan, seperti cincin, bros, liontin kalung. Selain di Indonesia khususnya di Pulau Belitung, jenis batu ini dapat ditemukan pula di dua negara lainnya yaitu di Australia (Australite), dan Cekoslowakia (Cryptonite).

*Dari berbagai sumber

 

Cincin batu satam salah satu cinderamata khas Belitung
Dok pribadi - Cincin batu satam salah satu cinderamata khas Belitung.

Dikarenakan batu satam sudah sangat jarang ditemukan oleh penambang, menyebabkan harga jual batu ini melambung tinggi. Namun demikian batu satam dengan aneka bentuknya telah melekat menjadi cinderamata khas Pulau Belitung.yk[]

 

 

Bundaran Batu Satam Tanjung Pandan
Foto by Icky - Yunis Kartika di Bundaran Batu Satam Tanjung Pandan, Belitung.
  

 

“I don’t think that architecture is only about shelter…

It should be able to excite you, to calm you, to make you think.”

—Zaha Hadid—

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PS : sila menulis komentar, membagikan, atau meninggalkan alamat web/blog-nya untuk bertukar sapa dan saling mengunjungi. Terima kasih sudah mampir ^_^

 

 

 

 

 

#belitungtitiknolkilometer

#satamsquare

#bundarantugusatam

#batusatam

#pulaubelitung

#zeropoint

#sepatusepatuyunis

0 comments:

Post a Comment