Bukit Samak Dan Rumah Dinas Bupati Belitong Timur_ Edisi Olwen

 

bukit samak belitong
Dok pribadi - Sebagian view bukit Samak Belitong Timur.


  

 

“Daratan adalah rumah kita, dan lautan adalah rahasia.”

—W. S. Rendra—

 

 


  

 

Hari menuju sore, hujan telah berhenti sejak siang tadi lepas kami mengisi perut. Pak Sugeng menyarankan kami mengunjungi bukit Samak. “Kalau sore hari di sana ramai, Mbak, udaranya sejuk. Orang biasanya dudukduduk santai sambil melihat pemandangan atau ngopingopi,” celoteh beliau riang dengan logat khasnya. “Ayolah Pak, laju,” jawab Yunis mengiyakan.

 

bukit samak belitong
Dok pribadi - Panorama bukit Samak Manggar, Belitong Timur.

Waktu menunjukan pukul empat sore ketika kami tiba. Benar saja, orangorang mulai ramai berdatangan. Ratarata menggunakan sepeda motor, tapi banyak juga yang menggunakan roda empat dan datang bersamasama keluarga atau rombongan kawan. Semuanya menyebar mencari spot terbaik untuk menikmati alam bukit Samak. Jauh di balik pepohonan, bentangan laut menghampar, biru hijau keabuan. Semilir angin laut dan dinginnya bukit berkolaborasi menciptakan suasana nyaman. Cahaya sore matahari tersaput awan tipittipis semakin memanjakan pengunjung untuk berlamalama menikmati suguhan alam. Sebuah penanda bertuliskan ‘Bukit Samak’ dicat warnawarni ditingkahi anakanak kecil berlarian turut menceriakan suasana sore.

 

bukit samak belitong
Dok pribadi - Penanda bukit Samak yang berwarnawarni ceria.

Bukit Samak merupakan dataran tertinggi yang ada di pulau Belitong. Sebuah bukit eksotis di pusat kota Kabupaten Manggar. Bukit ini dulunya merupakan kompleks perumahan kelas bangsawan atau kelas atas yang dibangun oleh kolonial Belanda pada masa awal pendirian perusahaan penambangan timah di Manggar. Masyarakat Belitong mengenal bukit Samak sebagai tempat dengan bangunanabangunan rumah besar bergaya Eropa atau kolonial Belanda. Namun seiring waktu rumahrumah besar tersebut satu persatu rusak dan hilang, hanya meninggalkan jejakjejak sebagian dari reruntuhannya saja.

 

Melihat potensi bukit Samak, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggar bekerja sama dengan perusahaan BUMN, pihak swasta dan pemilik modal, bersamasama mengelola bukit Samak sebagai tujuan destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Manggar. Di puncak bukit, anda akan menjumpai rumah makan dan area bermain dengan konsep wisata ramah keluarga. Pada bibir jalan disediakan tempattempat duduk aneka bentuk dari beton atau kayu. Kesadaran akan kebersihan ditunjukan dengan disediakannya cukup banyak tongtong sampah. Sementara itu beberapa spot di area bukit Samak masih dalam pengembangan. Bagi pengunjung yang tertarik untuk menginap, penginapan dengan konsep vila pun telah tersedia di sini dengan beragam fasilitas dan harga yang ditawarkan.

 

rumah dinas bupati belitong timur
Dok pribadi - Rumah Dinas Bupati Kabupaten Belitung Timur di bukit Samak.

Hal menarik lainnya adalah lokasi wisata bukit Samak sangat berdekatan dengan Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Manggar. Dilansir dari booklet “Jelajah Cagar Budaya Kepulauan Bangka Belitung”, keluaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka dan Belitung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bahwa Rumdin Bupati Belitong Timur atau Manggar, terbuat dari pondasi beton dan berdinding kayu rangkap. Sementara atap dan gentengnya terbuat dari tanah liat. Denah bangunan terdiri dari dua ruang tamu, tiga kamar tidur, satu ruang keluarga, serta ruang belakang atau dapur. Jadi, Rumah Dinas Bupati Manggar ini termasuk dalam salah satu bangunan Cagar Budaya Kepulauan Bangka Belitung. Meskipun pengunjung/wisatawan tidak diperkenankan untuk memasuki rumah tersebut, namun diperbolehkan untuk berswafoto atau sekadar mengabadikan rumahnya dalam bentuk dokumentasi.

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi antara pukul 6 hingga pukul 8, atau sore hari selepas waktu ashar atau sekitar pukul 4 sore. Bukit Samak berada di Desa Lalang, Manggar, Kabupaten Belitong Timur. Untuk menikmati panorama bukit Samak anda tidak perlu membayar tiket ataupun uang parkir kendaraan. Cukup menjaga kebersihan, bersikap santun, dan tidak lupa untuk selalu tersenyum.yk[]

 

 

yunis kartika
Foto by Icky - Yunis Kartika di bukit Samak, Manggar, Belitong Timur.

 

 

“Keindahan adalah gerbang cinta,

tinggal bagaimana merawat dan meningkatkannya.”

—Plato—

 

 

 

 

 

 

 

 






PS : sila menulis komentar, membagikan atau meninggalkan alamat web/blog-nya untuk bertukar sapa dan saling mengunjungi. Terima Kasih sudah mampir ^_^

 

#BPNRamadan 2023

#artikel6

 

0 comments:

Post a Comment