Pantai Pasir Padi Pangkalpinang_ Edisi Olwen

 

pantai pasir padi pangkalpinang
Dok pribadi - Olwen di Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Bangka.


 

  

 

“Gagasan melihat laut, berada didekatnya, menyaksikan perubahan saat matahari terbit, matahari terbenam, sinar bulan, dan siang hari dalam ketenangan, mungkin dalam badai, mengisi dan memuaskan pikiranku.”

—Charlotte Bronte—

 

 

 

 

Hanya lima menit dari Bangka Botanical Garden, kami sudah tiba di kawasan wisata Pantai Pasir Padi. Untuk masuk ke kawasan ini, cukup membayar retribusi parkir khusus kendaraan roda 4 sebesar Rp.4.000,- atau sebesar Rp.2.000,- untuk roda 2. Jalan masuknya mulus beraspal. Di sepanjang jalur pantai, terdapat warungwarung makan, tendatenda dan kursikursi disediakan beserta aneka jajanan. Ada juga yang menyewakan tikar untuk lebih bersantai sambil rebahan di bawah rindang pepohon pinus yang tumbuh berderet di sepanjang batas bibir pantai.

 


pantai pasir padi pangkalpinang
Dok pribadi - Suasana pantai yang tengah surut ditingkahi para pencari lokan.


Pantai Pasir Padi surut bukan kepalang. Kalau dikirakira mungkin mencapai berkilo meter surutnya dari bibir pantai. Jauh di ujung nampak gerakgerik kecil dari orangorang, sebagian bermain, sebagian mencari lokan (kerang). Jerit tawa gadisgadis usia belasan pecah tatkala roda motor yang mereka tumpangi melesak masuk ke dalam bagian pasir pantai yang lembut. Segaris senyum tipis tergurat di bibir Yunis. Icky memutuskan bergabung dengan para pencari lokan. Sementara Yunis memilih menikmati semilir angin sembari menyesap kelapa muda dari kursimeja kayu yang menghadap langsung ke pantai.

 


pantai pasir padi pangkalpinang
Dok pribadi - Salah seorang warga yang mencari lokan di Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Bangka.

Terdapat beberapa versi cerita mengenai asal usul nama Pantai Pasir Padi. Ada yang menyebutkan karena pasirnya padat berbentuk seperti buliran padi, maka dinamakan Pantai Pasir Padi. Lainnya merujuk pada sejarah, bahwa pada zaman Hindia Belanda, pernah dilakukan program penanaman padi di sekitar pesisir pantai. Sehingga pantainya bernama Pantai Pasir Padi. Namun kini, lokasi penanaman padi tersebut sudah ditumbuhi oleh pepohon kelapa. Cerita lainnya tidak terlalu jelas, hanya saja tak lepas dari mitos ataupun singgungan sejarah “katanya”.

 

Semakin siang suasana semakin meriah dan riuh. Jangan heran kalau anda mendengar raungan knalpot motormotor. Saking surutnya, ada sebuah area yang dibuat khusus untuk balap motor MPX. Selain surut, pasirnya yang mayoritas padat mendukung untuk dijadikan area balapan.

 


pantai pasir padi pangkalpinang
Dok pribadi - Salah satu spot untuk pengunjung sambil menikmati aneka jajanan.


pantai pasir padi pangkalpinang
Dok pribadi - dudukduduk di bawah rindang pepohon pinus.


Karena lokasinya yang terletak tidak jauh dari pusat kota Pangkalpinang, Pantai Pasir Padi menjadi tempat favorit masyarakat menikmati waktu luang. Banyak diantara pekerja kantoran menyengajakan makan siang di sini. Jika anda penyuka suasana pantai sepi, Pantai Pasir Padi bukan pilihan yang cocok. Namun jangan khawatir, banyak pantai di Bangka, anda hanya tinggal memilihnya.yk[]

 



 

yunis kartika
Foto by Bro Tony - Yunis Kartika di Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Bangka.

 


 

“Laut tidak menghargai mereka yang terlalu cemas, terlalu rakus, atau terlalu tidak sabar. Seseorang harus berbaring kosong, terbuka,

tanpa memilih sebagai pantai menunggu hadiah dari laut.”

—Anne Morrow Lindbergh—

 

 

 

 

 

 

 

 

PS : sila menulis komentar, membagikan atau meninggalkan alamat web/blog-nya untuk bertukar sapa dan saling mengunjungi.

0 comments:

Post a Comment