Menebar Damai Lewat Musik di Langit Musik_ Edisi Spesial Leona



Menebar Damai Lewat Musik, Di Langit Musik
Dokumentasi pribadi; bersama siswa dan guru SDN 001 Pulau Laut, Kepulauan Natuna


“Berbedabeda tetapi tetap satu tujuan.”_ Bhineka Tunggal Ika

Begitulah bunyi semboyan negara kita tercinta ini, Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara yang besar. Dengan keanekaragaman budaya, bahasa, ras, suku, agama dan kepercayaan. Sangat tepat jika Bhineka Tunggal Ika kemudian menjadi semboyan yang mengakomodir keseluruhan aspekaspek keragaman tersebut. Perbedaan bukanlah dosa, perbedaan merupakan kekayaan. Kekayaan yang tetap membuat bangsa ini tumbuh dan besar dalam satu kesatuan.


Saya teringat dalam perjalananperjalanan saya keluar pulau bahkan keluar negeri, seringkali musik menjadi bahasa universal untuk mengatasi perbedaan pemahaman dalam berkomunikasi. Saya seringkali tidak paham dengan bahasabahasa daerah setempat. Namun, suasana kemudian lebih mencair ketika musik hadir ditengahtengah suasana yang kaku. Bahkan syairsyair lagu lebih efektif memberikan pencerahan, bahwasanya perbedaan tak lain merupakan anugrah dari yang kuasa untuk menyatakan bahwa setiap individu adalah unik dan otentik. Namun pada hakekatnya kita semua bersaudara. Kita semua sama. Memiliki hak untuk hidup dan menghidupi dengan segala dilemanya.

Lantas, saya teringat lagulagunya Maher Zain, seorang musisi muslim ganteng yang berasal dari Swedia dan berdarah Lebanon. Musiknya yang ramah telinga dengan syairsyair menghibur, menginspirasi dan penuh dengan pesan perdamaian serta harapan. Benar, kenapa kita memilih mencuatkan perbedaan hingga saling menyakiti dan membunuh? Kenapa kita tidak memilih melihat kesamaan hingga setiap dari kita bisa berkontribusi menciptakan dunia yang lebih baik?

Ah, saya jadi kangen mendengar lagulagunya... Untung saya sudah memiliki aplikasi Langit Musik di ponsel saya. Jadi, kapanpun saya ingin mendengarkan dengan mudah bisa saya akses di aplikasi keren Langit Musik.

Tidak sulit memasang aplikasi Langit Musik di ponsel, langkahlangkahnya mudah saja. Pertama, masuk ke Play Store. Ketik “Langit Musik” pada kolom pencarian. Setelah itu akan keluar laman semacam ini:

Unduh aplikasi Langit Musik



Kemudian, klik pada tombol “pasang”. Lanjutkan dan ikuti semua intruksinya. Pemasangan aplikasi Langit Musik tidak memakan waktu lama. Setelah terpasang, kita bisa langsung menikmati jutaan lagu pilihan yang ada di Langit Musik.

Daftar Langit Musik

Musik Legal Tanpa Makan Quota
Lagulagu di Langit Musik legal dan gratis. Gratis karena tidak makan quota sama sekali selama menggunakan Telkomsel. Yang berbayar itu hanya jika kita ingin mendengarkan secara offline atau berlangganan. Untuk berlangganan dan bisa mendengarkan secara offline, tidak mahal, hanya 22 ribu setiap bulannya. Cara berlangganannya mudah saja: ketik REG NEWLM kirim ke 96161. Akan ada sms balasan berlangganan.

Fitur Aliran
Langit Musik kaya akan aliran atau fitur. “Everlasting” salah satu fitur yang berisi kumpulan lagulagu hits yang tak lekang oleh zaman. Dalam fitur “Everlasting” lagu dikelompokan lagi, misalnya “Long Lasting Hits”.








Fitur Cari
Fitur selanjutnya yang paling mudah dan sederhana, adalah fitur cari lagu atau cari penyanyi. Fitur ini bisa juga dijadikan fitur favorit dengan mengklik “Follow” pada samping kanan tengah screen. Dengan cara seperti itu, kita akan mendapat pembaharuan yang terjadi di dalam fitur ini secara otomatis.



Cara kerja fitur cari lagu atau penyanyi, cukup dengan mengetik/menuliskan nama lagu atau penyanyi yang kita ingin dengar. Saya sedang tergilagila dengan lagulagunya Maher Zain. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada lantunan musik yang indah dan inspiratif dengan pesanpesan perdamaian. Untuk mendapatkan lagulagu dari Maher Zain, misalnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetik nama penyanyi tersebut pada kolom pencarian. Setelah itu akan muncul laman dengan hasil pencarian teratas. Kemudian klik, pada nama penyanyi tersebut pada urutan yang kita maksudkan. Maka akan keluar laman foto penyanyi, lengkap dengan tambahan fitur seperti; “lagu hit”-nya, “tentang” atau biografi penyanyi, kemudian disampingnya tertulis pula “artis serupa”. Saya kemudian mengklik “Lagu Hit”, fitur ini kemudian akan meneruskan ke laman album, playlist dan imagination/myplaylist. Yang terakhir ini gunanya untuk menyimpan lagu tertentu yang kita pilih dalam fitur tersebut.



Seringkali ketika mendengar lagu dengan lirik, nada, dan nuansa tertentu, saya ingin mengenal sang artis lebih jauh. Dalam pikiran saya, bagaimana bisa seseorang menciptakan sebuah lagu dan musik yang tidak hanya indah, tetapi menginspirasi serta penuh dengan pesan moral tentang perdamaian. Lagilagi, Langit Musik paham benar apa yang dibutuhkan seorang pendengar, kalaupun bukan penggemar. Dengan lengkap pada menu “Tentang”, profiel singkat sang artis bisa kita akses. Bukan hanya itu, pada menu inipun diinformasikan lagu terbaru yang menjadi tren. Sementara pada artis serupa, kita diberi pilihanpilihan artis yang memiliki genre musik yang serupa.





Fitur Trending
Fitur yang cerdas, unik dan menarik lainnya adalah fitur “Trending”. Kenapa cerdas, unik dan menarik? Saya pikir Langit Musik sangat kreatif dengan konsep ke-Bhineka Tunggal Ika-an. Indonesia yang luas, terbentang dari Sabang hingga Merauke, nyatanyata memiliki kecenderungan tren yang berbeda di setiap provinsinya, bahkan kotanya. Menakjubkan bagaimana keberagaman menjadi titiktitik cantik sebagai penanda tren pada setiap tempatnya. Saya sebut sebagai “Peta Nusantara yang Ceria”. Saya seringkali “mampir” ke Langit Musik hanya sekadar mengecek lagu apa yang tengah menghangat di kota tertentu. Seperti saat ini, saya kegirangan bermain dengan titiktitik penuh warna itu untuk mengetahui lagu apa yang tengan nge-hits di Jawa Barat, provinsi dimana saya berada.





Saya bandingkan dengan provinsi Kalimantan Barat. Lagu apa yang tengah digandrungi dan banyak diputar di provinsi tersebut. Walaa!!




Dalam sekejap saja, saya bisa melihat betapa keanekaragaman budaya, bahasa, ras, suku, agama dan kepercayaan menjadi nadanada yang indah dalam kemasan Langit Musik. Setiap perbedaan adalah warna, dan setiap warna saling melengkapi sehingga mewujudkan keindahan bersama yang selaras. Lantas, kenapa kita masih saja harus menjadi sama?

Fitur #TAGSTATION
Kecintaan saya pada lagu dan musik tanah air, bisa saya dapatkan juga dengan hampir lengkap. Melalui fitur yang berperan seperti stasiun radio, dimana lagu yang diputar tidak disusun mengurut dan dirilis seperti dalam playlist di fiturfitur lainnya. “Tagstation” memberi nuasa ala radio dengan pemutaran lagulagunya yang penuh kejutan. Saya tidak pernah bisa menebak lagu apa yang akan diputar berikutnya. Dalam fitur “Tagstation” dimuat sub-fitur “Cinta Indonesia”.

Lagulagu yang berisikan lirik dan nadanada untuk membakar kecintaan terhadap tanah air. Untuk tetap mengenal dimana bumi dipijak, untuk menghargai tanah kelahiran, untuk menyayangi ibu pertiwi, dan untuk berbuat yang terbaik yang bisa kita berikan pada nusa dan bangsa. Tidakkah musik itu menakjubkan?




Masukan Untuk Langit Musik
Hanya satu saja yang saya kira harus dibenahi dan ditambahkan. Memang lagulagu jenis rohani, baik untuk muslim dan nasrani sudah ada—yang terangkum dalam fitur “playlist”, namun saya pikir akan lebih memudahkan jika lagulagu tersebut dikelompokkan khusus dalam sub menu—misalnya; “Lagulagu Rohani”. Bagaimanapun kekhususan dalam pengelompokannya akan lebih mempermudah pendengar musik untuk mengaksesnya. Selain itu, semuanya sudah sangat bagus dengan pilihan namanama folder yang kreatif dan unik.


Saya memilih merayakan perbedaan dengan damai dan penuh kebebasan yang bertanggungjawab, salah satunya lewat musik. Langit Musik adalah dunia musikku, kamu mau juga?yk[]




0 comments:

Post a Comment